PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PELATIHAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DAN GURU SMA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN
Keywords:
Gaya Kepemimpinan, Pelatihan Kerja, KinerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan pelatihan kerja terhadap kinerja guru dan pegawai SMA Islam Al-Uum Terpadu Medan. Penelitian ini dilakukan dengan metode Non Probability Sampling dengan jenis purposive sampling. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 30 responden yang terdiri dari guru dan pegawai SMA Islam Al-Uum Terpadu Medan. Analisis data menggunakan SPSS V-20. Hasil analisis menyimpulkan bahwa gaya kepemiminan berpengaruh terhadap kinerja dimana nilai Variabel gaya kepemiminan berpengaruh positif terhadap kinerja guru dan pegawai.dengan nilai t-hitung 2.121 > 2.042 nilai t-tabel dan variabel pelatihan berpengaruh positif dan signifkan t-hitung adalah 2.299 > 2.042 nilai t-tabel serta hasil model fungsi kinerja, ketiga variabel yang diamati yaitu variabel bebas dan variabel terikat dapat disimpulkan bahwa test normalitas, multikolinearitas yang didukung uji VIF adalah valid untuk diuji statistik.
References
Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta : PT.Grafindo Persada.
Azra, A. (2000). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millinium Bar. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Hasan, K. (2000). Konsep Pendidikan Jawa. Jurnal Dinamika Islam dan Budaya Jawa, 3(3), 29.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka.
Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Prodikmas: Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 83.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2002). Analisis Data Kualitatif. (T. R. Rohidi, Trans.) Jakarta: UI-Press.
Nata, A. (2017). Media dan Simber Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nata, A. (2018). Pendidikan Islam di Era Milenial. Jurnal Conciencia, 18(1), 10-28.
Setiawan, H. R. (2015). Pendidikan dalam Perspektif Pemikiran Ibnu Khaldun. The 8th International Workshop on Islamic Development (p. 34). Medan: UMSU Press.
Setiawan, H. R. (2017). Pengaruh Konsep Diri, Minat Dan Inteligensi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(2), 20-39.
Setiawan, H. R. (2018). Improving Student’s Study Result Using Role Playing Methods and Animation Media on Arabic Courses in the Faculty of Islamic Religion University of Muhammadiyah Sumatra Utara. Proceedings International Conference Bksptis (p. 43). Semarang: UNISULA Press.
Setiawan, H. R. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Bildung.
Setiawan, H. R. (2018). Pengakurasian Arah Kiblat Di Lingkungan Cabang Muhammadiyah Medan Denai. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 4(1), 24-34.
Setiawan, H. R. (2018). Pengakurasian Arah Kiblat Di Lingkungan Cabang Muhammadiyah Medan Denai. Al-Marshad: Jurnal Astronomi dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 28.
Setiawan, H. R. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Bildung