ANALISIS MEKANISME PENETAPAN HARGA JUAL DAN JASA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Koperasi Serba Usaha Syarama)

Authors

  • Fitri Yani STEBIS Al-Ulum Terpadu
  • M. Rofiqi Purba STEBIS Al-Ulum Terpadu
  • Harisky Ramadhan Laia

Keywords:

Mekanisme, Harga Jual, Ekonomi Islam

Abstract

Penetian ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme penetapan harga jual dan jasa dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan penelitian normatif, yaitu data yang terkumpul dari wawancara kemudian dihubungkan dengan prinsip ekonomi Islam. Penelitian ini dilakukan pada KSU Syarama. Hasil penelitian menunjukan bahwa mekanisme penetapan harga jual barang dan jasa yang ditetapkan oleh KSU Syarama adalah berdasarkan harga utama barang dan jasa. Penetapan pembulatan harga sesuai dengan prinsip ekonomi Islam, yaitu merupakan mekanisme penetapan harga jual berbasis nilai keadilan dengan menetapkan harga yang wajar dan tidak mengambil keuntungan yang besar dan merupakan titik keseimbangan antara kekuatan permintaan dan penawaran yang disepakati secara sukarela oleh pembeli dan penjual atau KSU Syarama, dengan memperhatikan daya beli masyarakat atau pelanggan

References

Ad-darimy, Sunan Ad-darimy. Beirut : Darul Fikri.

Alma, Buchari, dan Priansa, Doni Juni. 2009. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung : Alfabeta.

Al-Qur’anul Karim.

Alimuddin, dkk. 2011. “ Konsep Harga Jual Kejujuran : Meraih Keuntungan Menggapai Kemaslahatan” dalam Jurnal Akuntansi Multiparadigma. Vol,2 No.1 (Halaman 71). Makasar : Universitas Hasanuddin.

Amalia, Evis. 2010. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Jakarta : Gramata Publishing.

Djodjohadikusumo, Sumitro. 1991. Perkembangan Pemikiran Ekonomi. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Idris, 2016. Hadits Ekonomi. Jakarta : Prenadamedia Group.

Indra NS. 2017. Pengertian Harga. One.indoskripsi.com /2499/0, Senin, 02 Juli 2017.

Irwan. 1996. Pemasaran Prinsip dan Kasus. Yogyakarta : BPFE.

Karim, Adiwarman. 2003. Kajian Ekonomi Islam Kontemporer. Jakarta : Gema Insani.

Khalil, Jafril. 2010. Jihad Ekonomi Islam. Jakarta : Gramata Publishing.

Kolter, Philip, dan Armstrong, Gary. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Rivai, Veithzel, dan Buchari, Andi. 2009. Bumi Aksara. Jakarta : Bumi Aksara.

Rivai, Veithzel, Nuruddin, Amiur, dan Ananda, Faisar. 2012. Islamic Business and Economic Ethics. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Saifullah, Kurniawan. 2006. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta : Kencana.

Satori, Djam’an, dan Komariah, Aan. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Shiddiqi, Muhammad Nejatullah. 2004. The Economic Enterprise In Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono, 2012. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Suhendi, Hendi. 2014. Fiqih Muamalah. Jakarta : Rajawali.

Suhendi, Hendi. 2002. Fiqih Muamalah. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sumadi, 2017. “Peran Manajemen Syariah Terhadap Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Islam di Kota Surakarta” dalam Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Vol, 3 Nomor 4 (Halaman 112). Surakarta : STIE-ASS.

Sutrisno, Hadi. 2004. Metodologi Penelitian Research. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Stanto, J.William. 1996. Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Utomo, Budi Setiawan. 2003. Jawaban Tuntas Masalah Kontemporer. Jakarta : Gema Insani.

Downloads

Published

2023-02-22