PENGARUH BIAYA UJRAH TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PADA PRODUK GADAI EMAS (RAHN) PT. PEGADAIAN PERSERO CABANG SYARIAH
Abstract
Gadai emas (rahn) adalah bentuk pinjaman dengan jaminan barang berupa emas. Dalam transaksi gadai emas (rahn) nasabah akan dibebankan biaya penitipan (ujrah) yang mana biaya tersebut merupakan imbalan yang diberikan oleh nasabah untuk biaya upah sewa atas barang yang digadai kepada murtahin dengan menggunakan akad ijarah dalam waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya penitipan (ujrah) terhadap keputusan nasabah menggunakan produk gadai emas (rahn) pada nasabah PT. Pegadaian Cabang Syariah. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan program SPSS dan teknik analisis data yang dilakukan ialah analisis regresi jumlah dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Hasil dari penilitian menunjukan bahwa biaya penitipan (ujrah) secara positif berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk gadai emas (rahn) di PT. Pegadaian Cabang Syariah dengan nilai t hitung 2,457 > t tabel 2,024 dan F hitung sebesar 6,039 > F tabel 4,196. Untuk hasil regresi linier sederhana bernilai positif sebesar 0,303 dan nilai R square sebesar 0,421 (42,1%).
References
Akmal, Azhari Tarigan, Dkk, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, (Medan: La – Tansa Press, 2011)
Ali, Zainuddin, Hukum Gadai Syariah, (Jakarta: Sinar Grafika, 2016)
Arikunto , Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Ed. Revisi, Cet. Ke – 14, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010)
Ascarya, Akad Dan Produk Syariah (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007)
Bukido, Rosdalina, Faradila Hasan, “Penerapan Akad Ijarah Pada Produk Rahn di Cabang Penggadaian Syariah Istiqlal Manado”, Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah, Vol.14, No. 1, 2016
Bungin , Burhan, Metodologi Penenlitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publikserta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006)
Cahyo, Agus, “Akad Ijarah Dalam Kaca Mata Fikh Klasik”, Jurnal Ma’ahad Al-Jami’ah Al-Aly, 2019
Habibah, Ummu, “Sumiati, Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madurajurnal”, jurnal Ekonomi & Bisnis, Vol. 1, No. 1, Maret 2016
Ismail, Fajri, Statistika, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2018)
Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, (Jakarta: PT Grafindo Persada, 2008)
Kotler, Philip dan Kevin Lane Ketller, Manajemen Pemasaran Edisi 13, jilid 1, (Jakarta: PT. Indeks, 2007)
Kuncoro , Mudrajat, Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi, Edisi. 3, (Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama, 2009)
Mardani, Hukum Perikatan Syariah Di Indonesia, (jakarta: sinar grafika, 2013)
Muanas, Arif, Perilaku Konsumen, (Yogyakarta : Gerbang Media Aksara, 2014)
Nur, Ahmadi Bi Rahmani , Metodologi Penelitian Ekonomi, (Medan: FEBI UIN-SU Press., 2016)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods), edisi 10 (Bandung: Alfabeta 2018)